Pemprov Jatim Luncurkan Layanan Chatbot WA Corona

Ekonomi Kesehatan Pemerintah Peristiwa Politik Sosial

Megapolitanjatim.com| SURABAYA – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meluncurkan layanan Chatbot di aplikasi WhatsApp (WA) untuk memberikan informasi seputar penanganan virus Corona (Covid-19), yang bisa diakses di infocovid19.jatimprov.go.id/wacovid19.

Melalui layanan ini, masyarakat dapat berinteraksi. Sedikitnya ada 7 fitur yang bisa dimanfaatkan, diantaranya Radar Covid-19, tanya jawab seputar Corona, hingga rekomendasi dan tips agar masyarakat terlindungi dari infeksi virus Corona.

“Konsepnya seperti chat Whatsapp pada umumnya. Masyarakat hanya tinggal membalasnya dengan angka atau emoticon untuk mendapatkan informasi,” terang Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Jum’at (3/4), malam.

Sebelumnya Pemprov Jatim juga luncurkan layanan check up mandiri yang sifatnya borderless dan tidak hanya bisa diakses masyarakat Jatim saja. Layanan ini memungkinkan masyarakat mengenali gejala dan mendeteksi virus Corona sejak dini.

Selain guna meminimalisir aksi masyarakat berbondong-bondong melakukan tes kesehatan di rumah sakit yang menyebabkan antrian panjang. Juga untuk mempercepat informasi ke masyarakat, juga untuk meminimalisir dan mengantisipasi munculnya beragam berita hoax.

“Saya sadar betul masyarakat saat ini sangat butuh informasi dan saya tidak ingin mereka justru mendapatkan informasi yang salah dan menimbulkan kepanikan,” tutur Khofifah, Diharapkan, layanan Chatbot tersebut dapat dimaksimalkan penggunaannya oleh seluruh masyarakat selama masa darurat Covid-19 (adm/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *