Gubernur Khofifah Bebaskan Biaya Sewa Penghuni Rusunawa

Ekonomi Hukum Kesehatan Peristiwa Politik Sosial

Megapolitanjatim.com | SURABAYA – Guna menanggulangi dampak sosial ekonomi akibat pandemi Corona atau Covid-19, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan kebijakan membebaskan biaya sewa hunian Rumah Susun Sewa (Rusuna) milik Pemprov Jatim.

Pembebasan biaya sewa ini berlaku mulai bulan ini hingga Juni mendatang. Rusun yang dibebaskan biaya sewanya adalah, Rusunawa Gunungsari, Rusunawa SIER, Rusunawa Jemundo dan Rusunawa Sumur Welut.

Kepada 772 penghuni unit di empat rusun tersebut digratiskan biaya sewa bulan April, Mei dan Juni.

“Kita mengkoordinasikan beberapa hal di Rumpun Dampak Sosial Ekonomi Covid-19. Salah satunya adalah terkait hunian rusunawa. Ada empat rusunawa yang ada dalam koordinasi kami, kami putuskan dalam tiga bulan ini mereka akan dibebaskan dari biaya sewa untuk bulan April, Mei, dan Juni,” kata Gubernur Khofifah, Kamis (2/4), malam.

Dengan pembebasan biaya sewa rusun pihaknya berharap masyarakat bisa diringankan beban ekonominya dan bisa dialihkan untuk mencukupi kebutuhan gizi keluarga di tengah wabah Covid-19.

Mengacu hitungan dari Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jatim, dengan membebaskan biaya sewa di empat rusun tersebut, Pemprov Jatim memberikan subsidi sebesar Rp 600.090.000.

“Dengan berbagai stimulus yang diberikan oleh pemerintah pusat, yang juga diikuti stimulus dari Pemprov, termasuk salah satunya membebaskan biaya sewa tiga bulan bagi penghuni rusun, maka kami menghimbau Pemkab maupun Pemkot yang memiliki Rusunawa juga ikut meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 ini,” lanjutnya.

Rinciannya, ada 248 unit di Rusunawa Gunungsari, nilainya sekitar Rp 189.120.000. Rusunawa SIER ada 60 unit senilai sekitar Rp 46.140.000. Rusunawa Jemundo, 57 unit nilainya Rp 43.980.000, serta Rusunawa Sumur Welut berjumlah 407 unit nilainya Rp 320.850.000.(adm/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *