Kontes dan Lelang Bagi Penggemar Tanaman Hias Anthorium 2022, Digelar Di Kebun Refugia Magetan

Peristiwa

Kontes dan Lelang Bagi Penggemar Tanaman Hias Anthorium 2022, Digelar Di Kebun Refugia Magetan

Magetan, Megapolitanjatim.com || Pembukaan Kontes Pameran serta lelang tanaman hias Anthorium 2022 untuk kedua kalinya digelar di Kebun Refugia Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan pada sabtu, (18/12/22).

Acara pembukaan Kontes tanaman hias secara langsung dibuka oleh Bupati Magetan Dr. Drs.H.Suprawoto, S.H, M.Si dan juga di hadiri oleh Kepala Dinas TPHPKP Magetan atau Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan Ir. Uswatul Chasanah, MMA , Kapolres Magetan yang diwakili serta Asisten Bupati Magetan Unsur forkopimca dan peserta kontes.

” Terima kasih kepada semua tamu undangan, peserta yang ikut kontes tanaman hias yang bertempat di Kebun refugia semoga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan,” Kata Suprawoto, Minggu (18/12/22).

Menurut ketua panitia Tedi Kontes tanaman hias ini juga diikuti sekitar 25 komunitas dari berbagai kota dan kabupaten seperti Solo, jakarta, malang dan lainnya yang ambil bagian dalam kontes tersebut.

” Untuk acara kontes satu hari kalau pameran tiga hari dan tujuan diadakan kontes ini juga membangun silaturahmi kedua agar pameran anthorium lebih solid dan bisa mendunia,” Ujarnya

Kontes yang juga dihelat oleh para komunitas tanaman ada sekitar jenis tanaman hias yang dilombakan, yakni anthurium Mangkok, ijoan junior, ijoan, Varian Cobra jemani king yang harganya bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Selain Kontes dan Lelang tanaman Hias yang digelar juga untuk menjalin silaturahmi para pecinta tanaman hias. Selain itu, pagelaran ini juga memperebutkan hadiah Thropy dan undian Doorprize bagi pengunjung yang ikut lelang seperti Sepeda motor, kulkas, sepeda gunung dll.

Dalam kontes tanaman hias ini kategori penilaian dewan juri. Salah satu juri menyebut, penilaiannya yakni seperti estetika penampilan tanaman hias, kesehatan tanaman serta karakter tanaman.

“Kategori penilaian dalam tanaman hias diklasifikasikan sesuai penampilan, kedua kesehatan dan karakter tanaman.

Sementara salah satu peserta mengatakan, tanaman yang diikutkan kontes ini memiliki perawatan tersendiri mulai pemupukan, cutting atau pemotongan, penyiraman serta pemberian sinar matahari maka T
tak heran, harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

“Saya ikut kontes anthurium Untuk perawatan memang betul betul harus jeli seperti pemupukan, penyiraman, cutting, serta pemberian sinar matahari dan kalau memang masuk penilaian juri berdasarkan penampilan Anthurium sehingga Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah,” kata salah satu yang ikut kontes.

Selain kontes, pameran juga ditampilkan berbagai jenis tanaman hias seperti jemani hijau, hitam, jemani hijau junior dan yunior juga dijual Harganya pun bervariasi mulai dari jutaan hingga ratusan jutaan rupiah.

” Semoga magetan ini lebih dikenal dari tanaman hiasnya dan memperkenalkan budaya magetan semakin luas,” Tutup Suprawoto.

Jurnalis : Jalu / Sugiarto
Editor : Sofyan