Tim SAR Satgas Pamrahwan Paskhas Berhasil Evakuasi Heli PT NUH di Papua

Pemerintah Peristiwa

Tim SAR Satgas Pamrahwan Paskhas Berhasil Evakuasi Heli PT NUH di Papua
HomeBeritaTim SAR Satgas Pamrahwan Paskhas Berhasil Evakuasi Heli PT NUH di Papua

Tim SAR Paskhas yang tergabung dengan SAR TNI Polri dan Basarnas berhasil mengevakuasi tiga kru helikopter milik PT National Utility Helicopters (NUH) yang mendarat darurat di pedalaman Kabupaten Paniai, Provinsi Papua. Sabtu (19/9/2020).

Helikopter PT NUH jenis bell 212 dengan nomor registrasi PK-USS tersebut hilang kontak saat melakukan penerbangan dari Nabire menuju Baya Biru di Kabupaten Paniai pada Kamis (17/9) dengan membawa sembako.

Pada hari kamis (17/9) tim SAR darat langsung dibentuk dengan beranggotakan 2 personel Paskhas yaitu Koptu Imron (Paskhas), Kopda Fajar (Paskhas), 2 anggota Polres Nabire, 2 anggota Basarnas dan 2 kru dengan menggunakan Pesawat Smart Aviation PK-SNK untuk mencari lokasi titik emergency sinyal (infect) helly yang masih terpantau.

Selama dua hari, tim SAR melaksanakan pencarian dari darat dan udara. Hingga pada hari jumat (18/9) pagi tim rescue yang beranggotakan Philip Bell sebagai Kapten Pilot, Khamil Sholeh sebagai Kopilot, dan 2 personel Paskhas yaitu Kopda Wahyu Deris serta Prada Fredi Prasetya dengan menggunakan Heli Bell PK IWV berhasil menemukan lokasi pendaratan darurat pesawat heli PT. Nuh yang selanjutnya melaporkan ke pusat komando untuk dilaksanakan evakuasi korban.

Helikopter tersebut ditemukan pada ketinggian 4.700 meter di atas permukaan air laut (dpl) di wilayah Kabupaten Paniai dengan kondisi miring.

Selanjutnya Empat helikopter kemudian dikerahkan untuk menyelamatkan kru helikopter nahas tersebut.

Ketiga kru heli PT. NUH yaitu Capt. Endy Nawalaga (PIC) dan Capt. Erik Kurniawan (F.O), serta M. Aswar (HLO) dalam kondisi selamat dan dievakuasi ke RSUD Nabire untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.(DA/Sof)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *