Kepala BPS Magetan,Candra : Saya akan menerjunkan 622 Petugas Lapangan untuk Lakukan pendataan

Budaya Ekonomi Hukum Kesehatan Pariwisata Pendidikan Peristiwa

MEGAPOLITANJATIM,MAGETAN :Pelaksanaan Sensus Penduduk di Indonesia pada tahun 2020 Badan Pusat Statistik (BPS)Kabupaten Magetan Jawa Timur akan melakukan melakukan pendataan wilayahnya.

Sensus 2020 merupakan kegiatan yang ke 7 dan dimulai awal september hingga akhir bulan,Kelanjutan dari SPOnline tgl 15 Februari-29 Mei 2020 yang lalu Untuk menyisir yg belum terupdate pada SPOnline, sehingga gak ada penduduk yg terlewat atau tidak tercatat Untuk menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

Pelaksanaan dimulai dari Pendataan mencakup jumlah penduduk,etnis,agama,pekerjaan,perekonomian dan lain lain.

Saat di temui Ribut Hadi Candra mengatakan dari hasil seleksi sekitar 622 Tenaga lapangan/Pencacah. “Dalam pelaksanaan pendataan wilayah ini ,BPS Kabupaten Magetan menerjunkan 622 ke 18 Kecamatan se Kabupaten Magetan dan 18 Koseka atau Kordinator Kecamatan,”pungkasnya.(24/08/20)

Untuk tenaga pencacah tersebut dari beragam unsur seperti perangkat desa PNS, relawan yang membantu sensus ekonomi dan dari personal yang sudah pengalaman dibidangnya.

Rencana awal perekrutan sekitar 1500 tenaga pencacah akhirnya Banyak dana yang terpangkas akibat Covid 19 sehingga dana untuk kegiatan pelaksanaan akan disesuaikan dan hanya tersedia anggarn untuk 622 tenaga pencacah.

Dikatakan ,untuk SP2020 BPS MAGETAN hanya menerima anggaran sekitar 2M,itupun untuk pelatihan tidak bisa dilkukan secara tatap muka tetapi melalui daring. ” Saat ini untuk Kosekaa menggelar pelatihan dengan media Zom ,”tandasnya.

Pelaksanaan sensus penduduk kali ini agak berbeda dengan sensus sebelumnya. Dimana pada tahun ini dilakukan melalui TVRI dan RRI yang waktunya menyesuaikan karena pandemi dan petugas dilengkapi alat pelindung diri seperti masker,face shield dan sarung tangan dan wajib di Rapid test.

SP2020 akan dimulai 1 september yang berbasis pada administrasi data kependudukan dari DisdukCapil .

Di Tingkat RT petugas akan turun langsung ke penduduk dimulai dari wilayah terkecil yakni Rukun Tetangga (RT) guna memperoleh data meliputi NIK, Jenis kelamin , Domisili serta penambahan dan pengurangan penduduk ,”Kita pastikan jangan sampai penduduk atau warga yang terlewati saat pendataan, Target Kami 214.875 KK akan terdata dan terferivikasi,Ungkapnya.

Candra berharap masyarakat juga ikut berperan dan bekerjasama mulai dari tingkat RT/RW ,guna membantu Perangkat serta kepala desa sepenuhnya bagi petugas SP2020 yang sudah ditunjuk dan di terjunkan di lapangan bisa berjalan lancar.

Kami butuh Back up penih dari pemerintahan desa dan kecmatan demi kelancaran pelaksanaan SP2020 di Magetan kota Tercinta ini,imbuhnya

(Redaksi & editor ,Sof)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *