Menjaga Indonesia Dan Merawat NKRI

Budaya Pemerintah Peristiwa Religi

Menjaga Indonesia Dan Merawat NKRI

MEGAPOLITANJATIM ,Kita lahir disini, besar disini, menua disini dan hidup dari hasil bumi tanah ini. Bukan hanya kita, tapi orang tua kita, nenek kita, uyut kita, orangtua dari uyut kita dan begitu seterusnya.

Jika kita pergi jauh ke negeri orang, maka kita sangat rindu akan kembali ke negeri ini.

Masakannya, udaranya, masyarakatnya, adatnya dan hal lainnya, bahkan kita rindu kekonyolan dan banyolannya.

Nanti jika kita mati, maka kita akan dimakamkan ditanah ini. Kembali ketanah dimana kita hidup dari hasil bumi tanah ini. Seperti para leluhur-leluhur kita terdahulu.

Leluhur dari leluhur kita juga dimakamkan ditanah ini.

Indonesia adalah rumah kita, kampung kita, tanah air kita. Indonesia adalah masa lalu dan masa depan kita. Indonesia adalah harapan kita.

Sebagai orang Indonesia, maka saya akan menjaga tanah air ini agar aman, damai, bersih, sehat, tertib dan makmur.

Indonesia adalah kampung dimana tempat kita berbagi ruang hidup bersama-sama saudara-saudara kita yang lain, tak penting suku dan agamanya.

Mencintai Indonesia tak perlu dalil agama. Menjaga rumah kita tak perlu dalil. Menjaga kebersihan halaman rumah kita tak perlu dalil. Menjaga ketertiban kampung kita gak perlu dalil. Yang kita butuhkan hanya akal.

Kalau rumah kita tidak kita jaga, tidak kita rawat dan tidak kita bersihkan, yang rugi siapa? Tentu kita, jadi tak perlu dalil untuk itu.

Kalau halaman kita kotor, sungai kita jorok, hutan kita gundul, apakah kita menunggu dalil untuk menjaga semua itu? Tidak. Cukup dengan akal saja, kita menolak semua keburukan itu.

Kita tak perlu dalil untuk paham hal-hal sederhana seperti itu. Yang kita butuhkan hanya berakal.

Seperti halnya para leluhur kita terdahulu, yang tidak mewariskan tanah air ini kepada kelompok tertentu, etnis tertentu bahkan agama tertentu. Karena tanah air ini rumah kita bersama.

Banyak negara-negara di belahan timur tengah yang masih berkubang peperangan karena masalah dalil.

Tak bisa kerja, tak sempat liburan, hidup penuh kecemasan akan menjadi korban peperangan.

Orangtua, wanita dan anak-anak mengungsi, anak mudanya mati di medan perang. Mari kita jaga Indonesia jangan seperti itu!

Indonesia adalah rumah kita. Indonesia adalah kampung kita. Indonesia adalah tanah air kita. Kita jaga, kita rawat, dan kita memakmurkannya.

Karena menjaga Indonesia adalah menjaga diri kita, anak cucu kita, serta menjaga cita-cita luhur para leluhur kita.

SELAMAT HUT RI KE 75.
Indonesia Maju dan Bangga Buatan Indonesia.

(DA/SOF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *