Es Dawet Jabung Yang Melegenda Khas Ponorogo “Mbak Dwi “

Budaya Ekonomi Kesehatan Pariwisata Pemerintah Pendidikan Peristiwa Religi Sosial

Es Dawet Jabung Yang Melegenda Khas Ponorogo “Mbak Dwi “

MEGAPOLITANJATIM.COM ,Ponorogo – Ponorogo selain dijuluki Kota Reog juga mempunyai minuman khas yang siap menyegarkan bagi siapapun yang sedang mengunjungi atau liburan di Kota tersebut, apapagi di cuac atau musim panas cocok bagi para pengendara yang melintasi daerah kawasan Jabung di saat bepergian ke trenggalek atau tulungagung (31/7/20)

Minuman Khas yang biasa disebut dawet jabung Selain segar,juga bisa menghilangkan rasa dahaga. Para penjual bisa kita dapatkan di perempatan yang sangt strategis dan tidak jauh dari Pondok Modern Gontor 1 ini memiliki ciri khas lain dibanding dengan es dawet pada umumnya.

Salah satu contoh Es Dawet Jabung milik Mbak Dwi tepatnya berlokasi di selatan perempatan Bangjo Selain sudah dikenal karena segarnya , juga ada hal lain yang membuat Desa Jabung dikenal banyak orang. Hal itu seperti cara penyajian Dawet Jabung sendiri yang didasari dengan lepek atau piring kecil untuk alas mangkuk tersebut. Namun,disini pedagang ketika menyajikan ke pembeli tidak boleh dengan lepek yang disajikan oleh penjual. Pembeli hanya dibolehkan untuk mengambil mangkuk berisi Dawet Jabung tersebut dan lepek mangkuk akan diambil lagi oleh penjual.

Konon, cara penyajian tersebut memiliki artikulasi sendiri bagi penjual Dawet Jabung khususnya yang sudah lama menekuni profesi hingga turun temurun. Berdasarkan penuturan salah satu penjual Dawet Jabung, jika lepeknya atau piring kecil turut diambil oleh pembeli maka pembeli harus menikahi si penjual Dawet Jabung tersebut. Mitos ini Katanya sudah dipercaya sejak lama oleh para pedagang Dawet Jabung.

Salah satu warga ponorogo saat di wawancarai mengatakan selalu membeli es dawet Jabung, karena menjadi salah satu hidangan yang murah meriah dan menyegarkan.

Selain segar, es dawet Jabung memiliki ciri khas lain dibanding dengan es dawet pada umumnya.

Dimana es dawet Jabung memiliki struktur cendol yang panjang dan kenyal dan dilengkapi dengan gempol serta tape ketan hitam yang selalu menggugah selera.

“Wah bikin segar mas, saya sudah imbuh 2 kali aapalagi saat cuaca panas seperti ini, terasa segar dan nikmat,”ucap Pelanggan, salah satu pembeli warga ponorogo yang menyempatkan untuk menikmati es dawet Jabung setelah berkunjung di rumah keluarganya.

“Dawet Jabung ponorogo memang ke khasan tersendiri mas, bila dibanding dengan dawet-dawet pada umumnya. Pemanis dengan gula merah murni tanpa ada campuran lainya, cendol yang dibuat dari bahan tepung yang diambilkan dari tepung pohon aren, serta dilengkapi dengan gempol beras dan tape ketan hitam,”ucap pelanggan.

Sementara, Mbak Dwi pemilik usaha Dawet Jabung mengatakan untuk harga jual satu mangkuk es dawet jabung biasanya dibandrol dengan harga Rp 3ribu. Selain murah, es dawet Jabung juga halal dan tidak mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainya. Dan saat di tanya masa Pandemi Covid 19 memang ada penurunan ,” Selama Corona memang sedikit menurun dan alhmdulillah sekarang sudah Normal kembali,tandasnya.(Sof)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *