Mimin ingin ingatkan Sahabat semua, bahwa besok, Kamis (23/04), Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal bulan Ramadan 1441H/2020M. Rukyatul Hilal akan dilaksanakan di 82 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.

Religi


Mimin ingin ingatkan Sahabat semua, bahwa besok, Kamis (23/04), Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal bulan Ramadan 1441H/2020M.
Rukyatul Hilal akan dilaksanakan di 82 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia. Dimana saja? (lihat gambar 1)



Lalu, bagaimana pelaksanaan pemantauan hilal saat pandemik Covid-19 seperti saat ini? Kementerian Agama telah menyiapkan protokol pelaksanaannya. Aturan tersebut sudah dikirim ke Kanwil Kemenag agar dijadikan panduan dalam pemantauan hilal. (lihat gambar 2)


.
Nah, hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan akan dimusyawarahkan dalam Sidang Isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan kapan ibadah puasa dimulai yang akan diselenggarakan pada Kamis (23/04). Pemaparan posisi hilal berikut dengan hasil Sidang Isbat akan disiarkan langsung melalui TVRI (TV pool) beserta media sosial Kementerian Agama (Youtube, Fanpage, Instagram). (lihat gambar 3)
.
Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam RI
.
Mohon doa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *