Rusia Panggil Pulang Seluruh Warganya Termasuk Yang di Indonesia

Ekonomi Kesehatan Pemerintah Peristiwa

JAKARTA-Rusia memanggil pulang seluruh warganya yang tengah berada di luar negeri, menyusul semakin masif penyebaran Covid-19 di berbagai negara.

Pemerintah Presiden Vladimir putin telah mengeluarkan himbauan pada seluruh warganya yang berada diluar negeri, termasuk Indonesia, untuk segera pulang jika perjalanannya diluar negeri tidak terlalu mendesak.

Menurut Atase Pers Kedubes Rusia, Denis Tetiushin, panggilan pulang itu terkait penyebaran wabah Covid-19 yang semakin tak terkendali di beberapa negara.
Kementerian Luar Negeri Rusia, menurut Tetiushin, telah mengeluarkan imbauan itu.

Imbauan itu tidak hanya berlaku bagi warga Rusia di Indonesia, tapi (bagi warga Rusia) di seluruh dunia,” kata Denis melalui pesan singkat.

Disamping memanggil seluruh warganya yang tengah berada di luar negeri, Perdana Menteri Mikhail Mishustin, juga menegaskan negaranya akan menangguhkan penerbangan reguler dan charter dari dan keluar Rusia.

Keputusan itu merupakan hasil rapat pemerintah pada tanggal 26/3/2020 menyikapi perkembangan Covid-19. Mishustin juga membentuk rencana evakuasi bagi warganya yang berada di luar negeri itu.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19 Kunjungan Keluarga Dibatasi. Para Tahanan Ngamuk

“Kementerian Perhubungan dan Kemlu Rusia harus segera membentuk rencana evakuasi warga Rusia dari luar negeri. Saya meminta seluruh warga Rusia yang mengalami kesulitan pulang untuk menghubungi perwakilan Rusia di negara masing-masing,” kata Mishustin.

Penerbangan dari luar masih akan diijinkan masuk Rusia sepanjang menyangkut evakuasi warga Rusia. Bahkan untuk biaya kepulangan warganya dari luar negeri, pemerintah akan menanggungnya.

Baca juga: India Lockdown Tiga Pekan Untuk Lindungi 1,3 Miliar Penduduknya
Untuk warga Rusia yang ada di Indonesia dan akan kembali ke Rusia, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Vorobieva menyatakan, maskapai penerbangan Rusia ‘Rossiya’ siap membantu beberapa ribu warga Rusia yang ingin pulang. Maskapai itu saat ini masih beroperasi dengan rute penerbangan Moskow-Denpasar-Moskow.

Sehari sebelumnya Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta juga telah mengeluarkan himbauan agar seluruh anggota keluarga staf yang berusia di bawah usia 21 tahun meninggalkan Indonesia terkait perkembangan Covid-19 di Indonesia.

Adapun perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia hingga Jumat siang, jumlah pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia mencapai 1.046 kasus, korban meninggal mencapai 87, dan 46 pasien sembuh.(adm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *