RSUD dr. Sayidiman Magetan Adakan Seminar dan Edukasi Waspada Virus Corona

Kesehatan

Polemik penularan Virus Corona yang kini tengah meresahkan masyarakat dunia membuat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Sayidiman Magetan bergerak untuk memberikan pemahaman serta kiat-kiat pencegahannya dengan menggelar Seminar Waspada Virus Corona pada Kamis Pagi, (20/02/2020). 

Seminar yang digelar di Ruang Pertemuan Baru RSUD dr. Sayidiman Magetan tersebut dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari masyarakat umum dan tenaga kesehatan.

Dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dr. Artana Made, Sp.P., masyarakat diberikan edukasi agar bisa melakukan pencegahan terhadap penularan Virus Corona sedini mungkin yang dimulai dari diri sendiri.

Artana Made, Sp.P., mengatakan bahwa terdapat beberapa langkah penting yang paling dasar untuk pencegahan utama penularan Virus Corona. 

“Ada beberapa langkah antisipasi sederhana dan dasar yang dapat diterapkan masyarakat dalam mengantisipasi pencegahan Infeksi virus khususnya pada kasus Corona ini,” kata dr. Artana.

Ditambahkan dr. Artana, upaya pencegahan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Virus ini kan cepat sekali berkembang pada lingkungan yang kotor, oleh karena itu dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, olahraga yang teratur, dan yang tak kalah penting ialah rajin mencuci tangan atau Hand Hygiene serta menggunakan masker saat terserang flu,” imbuhnya.

Sementara itu, saat ditemui di lain tempat, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah RSUD dr. Sayidiman Magetan dr. Catur Widayat, Sp.B. menuturkan, dengan diadakannya seminar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman secara rinci pada masyarakat tentang apa itu Corona Virus, awal penyebaran virus, penyebab virus tersebut muncul dan cara penularannya.

Diharapkan dengan adanya pemahaman tersebut masyarakat tidak perlu merasa resah dan khawatir dengan kemunculan berita-berita di media.

“Virus Corona itu kini tengah marak di media-media, baik media elektronik maupun media sosial sehingga membuat masyarakat merasa takut dan khawatir, atas dasar itu kita adakan seminar ini,” tutur dr. Catur. 

Disamping itu, dr. Catur Widayat, Sp.B., menjelaskan bahwa dengan diadakannya seminar ini merupakan salah satu wujud tanggung jawab RSUD dr. Sayidiman Magetan untuk memberikan edukasi pada masyarakat khususnya di Kabupaten Magetan tentang seputar dunia kesehatan.

“Ini juga sebagai tanggung jawab kami RSUD dr. Sayidiman Magetan untuk memberikan pemahaman dan edukasi pada seluruh lapisan masyarakat, baik pada tenaga kesehatan maupun masyarakat umum,” tandasnya. (vha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *