Pelayanan Cepat Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Sayidiman Magetan.

Budaya Ekonomi Karya tulis Kesehatan Pemerintah Peristiwa

Pelayanan Cepat Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Sayidiman Magetan.

Magetan, Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Kabupaten Magetan berupaya meningkatkan kembali pelayanan bagi pasien yang menderita sakit & cedera yang dapat mengancam keselamatan hidup seseorang yang memerlukan pertolongan dengan cepat dan tepat.

Demi meningkatkan pelayanan bagi pasien, Kepala Ruangan IGD Pujjo Catur Priono mengatakan ada tahapan atau alur bagi pasien saat awal masuk ruangan tersebut.

“Saat pasien masuk di ruangan IGD ada Triase Primer dan Sekunder jadi kita memilah berdasarkan kegawatan pasien dan akan dipilah,” Ujar Pujo, Selasa (25/06/24).

Ia menjelaskan contoh pasien golongan triase primer adalah pemilahan cepat bagi penderita yang sesak nafas atau tidak sadarkan diri itu yang akan di prioritaskan utama.

“Jadi kita berdasarkan kegawatan, ada tingkatan seperti contoh merah kita melakukan tindakan prioritas pada pasien seperti kecelakaan berat yang menimbulkan kehilangan tingkat kesadaran,” terangnya.

Ia juga menyebutkan ada beberapa jenis kapasitas Zona di Rumah sakit Sayidiman seperti Zona ada empat titik, seperti zona kuning ada delapan hijau ada enam dan bisa diperluas sampai sepuluh.

” Ada batas maksimal prioritas 2 jam pertama apabila belum layak untuk dipindah kamar karena ada gangguan seperti tensi drop dan terjadi keburukan kita gak berani melangkah dan harus d stabilkan dulu,” tandasnya.

Menurutnya, ketika indikasi rujuk bagi pasien pihaknya tetap berupaya mencarikan tempat namun harus menggunakan sistem Rujukan dan ini merupakan kendala di Ruangan IGD tersebut.

“Keadaan pasien darurat kita tidak melakukan rujukan satu rumah sakit mana yang dahulu kita tawarkan ke pihak keluarga itupun belum bisa di terima dengan alasan terlau jauh dan meminta yang dekat,” terangnya.

Hal hal pelik permintaan pada keluarga pasien pihak rumah sakit terkadang menjadi kendala lantaran pihaknya mengambil tindakan bertujuan agar segera tindakan agar pasien segera di tangani.

(Nar)