Kemensos RI Gelar Operasi Katarak Gratis Di Kabupaten Magetan Hari Ini Screening Awal.

Budaya Ekonomi Kesehatan Pemerintah Pendidikan Peristiwa

Kemensos RI Gelar Operasi Katarak Gratis Di Kabupaten Magetan Hari Ini Screening Awal

Magetan, MJ|| Dalam Rangka Hari Lanjut Usia Nasional Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung menggelar sejumlah pelayanan operasi katarak gratis bagi lansia di Kabupaten Magetan,Selasa (25/06/24).

Kegiatan Bhakti Sosial Operasi Katarak Gratis dalam rangka HLUN Ke 28 tahun 1024 bekerjasama dengan Sentra Terpadu Kartuni di Temanggung dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Cabang Jawa Timur bersama RSUD Dr. Sayidimab Magetan, Dinas Sosial serta Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan.

Kepala Dinas Sosial Mageta. parminto Budi Utomo mengatakan kegiatan yang di laksanakan hasil Kordinasi dengan Dinas yang membidangi.

“Kegiatan ini merupakan Usulan kami dan hasil kordinasi dengan Dinas Kesehatan memberikan data dari seluruh Puskesmas Magetan, “Ujar Parminto.

Total data yang masuk sekitar 126 lansia calon peserta sedangkan hasil skrining terjaring 58 orang yang layak pada operasi tersebut.

Operasi akan dilaksanakan tanggl 29 juni 2024 di ruang operasi serta kontrol sampai dengan pasca operasi bertempat di Poli Mata RAUD Dr. Sayidiman Magetan.

Dengan agenda kegiatan ini, Kepala dinas Sosial Kabupaten Magetan berharap bisa bermanfaat bagi masyarakat yang mengalami ganguan indra penglihatan akibat Katarak.

“Semoga bisa bermanfaat lebih untuk masyarakat Magetan dengan adanya agenda kegiatan yang kami lakukan,” tutur Parminto.

Disamping kegiatan Operasi Katarak gratis juga memberikan penyaluran Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATWNSI) bagi pemerlu Pelayanan Kesehatan (PPKS) yang secara simbolis akan diserahkan langsung oleh Pj. Bupati Magetan. (Sof)