*Perangi Hoax, IMO-Indonesia Dukung Dewan Pers Sukseskan Pilkada Serentak 2024*

Budaya Ekonomi Hukum Pemerintah Pendidikan Peristiwa

*Perangi Hoax, IMO-Indonesia Dukung Dewan Pers Sukseskan Pilkada Serentak 2024*

Jakarta – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Ikatan Media Online (IMO) Indonesia terus mendukung Dewan Pers (DP) dalam memerangi pemberitaan palsu (hoax) yang tesebar di berbagai platform baik media sosial maupun media massa.

Ketua Umum IMO Indonesia Yakub F. Ismail menuturkan bahwa organisasinya selama ini selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan pihak DP dalam membangun iklim pemberitaan tanah air yang kredibel dan terpercaya.

“Salah satunya dengan cara memerangi hoaks yang terlanjur merajalela. Utamanya di platform media digital,” kata Yakub di Jakarta, Jumat (21/6).

Menurutnya, upaya membangun pers yang bersih, bertanggung jawab dan terpercaya adalah hal yang sangat krusial saat ini, terlebih menyambut pesta demokrasi yang akan dihelat beberapa bulan ke depan.

Ia mengatakan, peran IMO Indonesia sejauh ini dalam melawan berita bohong telah dilakukan secara konsisten baik di level pusat maupun daerah.

“Kami punya komitmen tinggi dalam mendorong iklim pemberitaan yang menjunjung etika jurnalistik dan visi DP dalam membangun dunia pers yang informatif dan berintegritas. Untuk itu, sinergi dan kolaborasi dengan DP terus diperkuat dari dulu hingga sekarang,” ujarnya.

Dengan demikian, ia menegaskan bahwa IMO Indonesia akan senantiasa berpedoman pada UU Pers dan kode etik jurnalistik.

“Termasuk kami juga selalu mematuhi segala larangan, imbauan ataupun peraturan yang dibuat DP dalam mendorong peningkatan kualitas pers di Indonesia,” pungkasnya.(Red)