*Rayakan Idul Adha 1445 Hijriah, Rutan Kelas I Jakarta Pusat Terapkan Metode Unik Penyembelihan Hewan Qurban*

Budaya Ekonomi Hukum Peristiwa

*Rayakan Idul Adha 1445 Hijriah, Rutan Kelas I Jakarta Pusat Terapkan Metode Unik Penyembelihan Hewan Qurban*

Jakarta,
Rutan Kelas I Jakarta Pusat melaksanakan pemotongan hewan Qurban berupa sapi dan kambing dalam merayakan Idul Adha 1445 Hijriah, Senin (17/06). Sebanyak 16 sapi dan 9 kambing disembelih dengan bantuan dari JULEHA (Juru Sembelih Halal) di Lapangan Olahraga Rutan. Hewan yang diqurbankan merupakan sumbangan dari pihak eksternal dan salah satunya merupakan sumbangan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Prof.Yasonna H Laoly.

“Kami jajaran Rutan Kelas I Jakarta Pusat mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Hukum dan HAM serta kepada seluruh stakeholder yang berpartisipasi dalam pelaksanaan Idul Qurban ini. Pelaksanaan Qurban ini merupakan bentuk dari kebaikan,keikhlasan dan kepedulian bagi sesama,”ujar Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat, Fauzi Harahap.

Panitia penyembelihan hewan Qurban menggunakan metode unik dalam menyembelih sapi dan kambing pada pelaksanaan Idul Adha Tahun ini. Penyembelihan hewan menggunakan kotak besi dengan panjang 2 meter dan lebar sekitar 1 meter. Setelah semua anggota tubuh sapi dipastikan telah terikat, barulah rangka besi direbahkan bersama dengan tubuh sapi. Berbeda dari tahun sebelumnya, proses penyembelihan sengaja menggunakan metode unik guna mempermudah proses penyembelihan serta mengantisipasi hewan kurban yang mengamuk saat hendak disembelih.

Menurut Fauzi Harahap selain akan dibagikan ke seluruh Warga Binaan yang dibantu pengolahannya oleh Dapur Rutan Salemba, hewan Qurban yang telah disembelih juga akan dibagikan kepada masyarakat sekita Rutan dan Panti Asuhan.
(Eric)