Klinik Layanan saraf peralatan terbaru EMG (Elektromiografi) RSUD Magetan.

Kesehatan Pemerintah Peristiwa

Klinik Layanan saraf peralatan terbaru EMG (Elektromiografi) RSUD Magetan.

Magetan, Megapolitanjatim.com || Patut di banggakan di Rumah Sakit Sayidiman Magetan telah membuka Klinik saraf yang dinamakan elektromiografi (EMG) bagi pasien yang menderita sakit saraf dan otot.

Hal ini telah disosialisaikan oleh dokter ahli neurologi RSUD Sayidiman magetan dr. Titian Rahma, Sp.N saat di ruang kerjanya dengan mempraktekkan alat tersebut.

“Jadi alat elektromiografi ini adalah untuk memeriksa kondisi otot dan sel-sel saraf yang mengontrolnya (neuron motorik), dan Tes ini dapat membantu mendeteksi adanya gangguan pada saraf, otot, atau masalah dengan sinyal yang dikirimkan saraf ke otot,” ujarnya, Jum’at (27/10/23).

Ia menyebutkan selain otot dan saraf alat ini bisa memerika bagi pasien yang menderita vertigo, kesemutan yang gejalanya di duga dari komplikkasi, diabetes atau saraf otot yang lain.

“Perangkat kecil yang disebut elektroda ini digunakan untuk menerjemahkan sinyal listrik ini menjadi grafik, suara, atau nilai numerik yang kemudian dapat diinterpretasikan oleh tim medis,” Jelasnya.

Ia menambahkan dengan sistem Pada tes EMG, sinyal listrik dan respon otot terhadap rangsangan saraf ini kemudian diukur untuk membantu menemukan masalah pada saraf dan otot.

“EMG atau Electromyography/electromyogram atau elektromiografi adalah tes untuk memeriksa kondisi otot dan sel-sel saraf yang mengontrolnya (neuron motorik) dan Tes ini dapat membantu mendeteksi adanya gangguan pada saraf, otot, atau masalah dengan sinyal yang dikirimkan saraf ke otot tersebut,” pungkasnya. (Sof).