Kabupaten Magetan Terima Undangan Sertifikat Penghargaan Adipura 2022

Pemerintah Peristiwa

Kabupaten Magetan Terima Undangan Sertifikat Penghargaan Adipura 2022

Megapolitanjatim.com ||Pemerintah Kabupaten Magetan mendapat undangan penyerahan penghargaan sertifikat Adipura 2022 di Auditorium dr. soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Selasa (28/2/23).

Undangan yang diterima oleh Bupati Magetan dr. Drs. H. Suprawoto, S.H, M.si pada 16 Februari 2023 dengan Nomor
: UN.11/PSLB3/PAS/PLB.0/2/2023 dari Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah Dan Bahan Berbahaya dan Beracun.

Ketika diwawancarai Usai Melantik sekitar 134 PNS di pendopo Suryagraha Magetan Bupati Suprawoto sempat memberikan tanggapan atas undangan Penyerahan Penghargaan Sertifikat Adipura tersebut.

“Atas Penghargaan Adipura Magetan yang menilai sana atau Pusat bukan saya dan yang paling penting saya bekerja ,” Ujar Suprawoto, Senin (27/02/23).

Sertifikat Adipura diberikan kepada daerah yang mengalami peningkatan dalam pengelolaan lingkungan hidupnya secara keseluruhan. Menurut Suprawoto, penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras dan kerjasama semua elemen masyarakat, sehingga mendapatkan mendapatkan penghargaan Adipura.

” Mari kita kerja yang Bagus, Magetan kita buat bersih, pengelolaan sampah harus baik inshaallah Penghargaan akan datang dengan sendirinya,” Kata Suprawoto.

Dari team sepeda yang berkeliling ke beberapa daerah sejauh kurang lebih 1500 Km mengunjungi tempat tempat lokase pengelolaan sampah juga hadir di acara penyerahan penghargaan sertifikat Adipura 2022 di Auditorium dr soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti .

Kepala Dinas LH Kabupaten Magetan Saif Muchlisun mengatakan Anugerah Penghargaan Adipura dari kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI besuk tgl 28 Pebruari 2023 atas dukungan warga Masyarakat Magetan.

“Alhamdulillah berkat kerja keras, Semangat dan dukungan warga masyarakat Magetan serta kepedulian dalam pengelolaan kebersihan Kabupaten Magetan maka kita mendapatkan anugerah Adipura,” Ungkapnya.

Mukhlis menambahkan untuk pengelolaan sampah berbasis Masyarakat juga atas dorongan melalui Intruksi Bupati dr. Drs. H. Suprawoto, S.H, M.si yang di keluarkan dengan No 1 th 2019

“ini tentang pengelolaan sampah berbasis masyarakat (pengelolaan sampah selesai di desa / kelurahan ) menjadi point penting dalam keberhasilan kita memperoleh Adipura ini,” imbuhnya.

Dalam regulasi ini bupati menginstruksikan kepada camat, kades/kakel se Magetan agar
1. Membentuk bank sampah
2. Membentuk pokja kebersihan yg bertugas menjemput sampah di wilayah desa/kelurahannya masing masing serta Menyediakan dana operasional mereka
3. Menyediakan tempat pengelolaan sampah terpadu di wilayah desa dan kelurahan mereka
Inilah point penting dari instruksi tersebut.

Penyerahan penganugerahan penghargaan sertifikat Adipura 2022 di mulai dari kote kecil tingkat Kabupaten dan khusus untuk Magetan wakilkan oleh Sekda Kabupaten Magetan Ir. Hegunadi.

Selanjutnya Penyerahan Penganugerahan
Lingkungan Hidup dan Kehutanan secara simbolis diserahkan oleh
Direktur Jenderal PSLB3
didampingi Ketua Dewan
Pertimbangan Adipura dengan memberikan Sertifikat Adipura dan Plakat Adipura Dan selanjutnya Penyerahan Penganugerahan
Lingkungan Hidup dan Kehutanan Oleh
Menteri Lingkungan Hidup
dan Kehutanan didampingi
Direktur Jenderal PSLB3 berupa Adipura dan Adipura Kencana. (Sof).