Pemkab Magetan Bangun Drainase di Setren Tinap untuk Tingkatkan Minat Jalan Kaki

Pariwisata Pemerintah Peristiwa

Pemkab Magetan Bangun Drainase di Setren Tinap untuk Tingkatkan Minat Jalan Kaki

Magetan, Megapolitanjatim.com || Penataan drainase dan trotoar di Desa Setren Tinap Sukomoro Kabupaten Magetan sebagai upaya meningkatkan minat masyarakat untuk berjalan kaki.

Sejumlah infrastruktur di beberapa lokasi di kabupaten Magetan sudah berjalan sesuai program Pemerintah kabupaten Magetan di bawah naungan Dinas PUPR Magetan. Salah satunya adalah penataan trotoar dan drainase di Setren Tinap.

Hal ini diharapkan turut mendukung kemudahan mengakses spot-spot bangunan dan lingkungan di beberapa kawasan.

Kepala Bidang Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan (DPUPR) Cipta Karya Kabupaten Magetan Rokhmat Zainudin menerangkan bahwa fokus pembenahan akan diprioritaskan pada kenyamanan dan kelancaran baik untuk pejalan kaki dan saluran drainase yang telah di bangun.

“Untuk kelancaran saluran air Drainasenya kita siapkan sedemikian rupa. Kemudian pedestriannya kita perbaiki juga agar pejalan kaki lebih nyaman,” ujar Rokhmat, Jum’at (09/12/2022).

Rokhmat menambahkan Terkadang pembuatan drainase sering dilupakan dalam perancangan ruas jalan maupun evaluasi kerusakan jalan. ” Drainase sangat penting dan tak terpisahkan dari jalan dalam merancang leveling suatu badan jalan misalnya, tinggi muka air haruslah jauh di bawah perkerasan,” imbuhnya.

Peningkatan trotoar Jalan setren Tinap dengan nilai kontrak 158. 460.000 ( Seratus Limapuluh Delapan Empat Ratus Enam Puluh Ribu rupiah) diharapkan selesai sesuai jadwal kalender yang sudah di tetapkan dan pekerjaan sesuai bestek yang di rencanakan.

Drainase sering diabaikan karena dianggap kurang penting dan kurang esensialnya bagi jalan secara keseluruhan Peningkatan kadar air akan melemahkan perkerasan jalan secara keseluruhan yang berdampak jalan menjadi rapuh dan mudah rusak sedangkan Drainase yang baik akan membuat ketinggian muka air maksimum tidak akan membanjiri badan jalan.

“Memang kendaraan tidak membutuhkan drainase untuk lewat. Namun, drainase dibutuhkan badan jalan untuk menopang apa yang menjadi tugasnya dan khususnya juga memberikan kenyamanan bagi pejalan Kaki,” Tutupnya.

Jurnalis : Joko P
Editor : Sofyan