Hari Disabilitas Internasional 2022 Kepala Dinas Sosial Magetan Berikan Edukasi Dan Penguatan Kepada Keluarga ODGJ

Religi

Hari Disabilitas Internasional 2022 Kepala Dinas Sosial Magetan Berikan Edukasi Dan Penguatan Kepada Keluarga ODGJ

Magetan,Megapolitanjatim.com || Dinas Sosial Kabupaten Magetan menyelenggarakan kegiatan serangkaian dalam memperingati hari disabilitas yang dimulai tanggal 3 Desember yang puncak pelaksanannya tanggal 4 Desember 2022.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan Parminto Budi Utomo, S.Sos, M.AP dalam hal ini mengatakan untuk serangkaian giat dimaksud dengan tujuan memberikan dukungan kepada orang tua atau keluarganya yang menyandang disabilitas.

“Alhamdulillah serangkaian kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan memberikan edukasi ke Wali dan Keluarga ODGJ,” ujar Parminto, Senin (28/11/22).

Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2022 yang di gelar bertempat di Kantor kecamatan karangrejo Kabupaten Magetan Menghadirkan Nara sumber Dokter Ahli Gangguan Jiwa dr. Indra Dwiyanto Wibowo Sp.KJ dan di hadiri sekitar 35 peserta terdiri wali murid dan orang tua dari keluarga penyandang disabilitas.

Guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas juga mendorong dengan menghilangkan stigma terhadap penyandang disabilitas, dan memberikan dukungan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabiltas dalam berbagai aspek kehidupan.

” Kita berikan Dukungan paling tidak Pshyco Edukasi bagi keluarganya menyandang ODGJ,” terangnya.

Selain memberikan dukungan dr. Indra Dwiyanto Wibowo Sp.KJ sebagai Narasumber di Ahli kejiwaan ketika di acara juga memberikan penguatan penguatan bagi keluarga bagaimana mengambil.langkah langkah ketika menghadapi keluarga yang memiliki Gejala maupun sudah termasuk di ODGJ.

Mengenai warga yang tidak memiliki identitas Parminto menjelaskan bahwa pihak dinas melalui kecamatan kecamatan DTKS yang bekerjasama dengn Adminduk Magetan untuk mendata bagi warga yang ODGJ ataupun Disable di wilayahnya.

” Tiap wilayah ketika ada laporan dari warga yang belum memiliki identitas kita akan kordinasikan ke Adminduk guna mencari kelengkapan semua data yang dimaksud,” jelasnya, tapi apabila laporan yang dimaksud tidak jelas seperti ODGJ karena tidak mempunyai Saudara atau Kelurga kita kami tetap berupaya untuk mencari info tersebut,” imbuhnya.

Menurut Parminto dengan keberadaan Dokter jiwa di Magetan untuk kedepan berharap  bisa membantu mempermudah dan memperlancar bagi penyandang ODGJ.

” Selama in kita memakai dari Ngawi dan disini belum ada Poliklinik Jiwa tapi alhamdulillah dengan keberadaan Dokter Indra Spesialis kejiwaan Mudah mudahan kedepan bisa membuat lebih Maksimal untuk pengawasan ODGJ,” Tuturnya.

Jurnalis : Joko Purnomo
Editor : Sof