RSUD Sayidiman Magetan Sigap Tangani Gagal Ginjal Akut pada Anak

Kesehatan Pemerintah Peristiwa

RSUD Sayidiman Magetan Sigap Tangani Gagal Ginjal Akut pada Anak

Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayidiman Magetan dengan beredarnya kasus gagal ginjal akut pada anak tidak berdiam diri.

Untuk itu RSUD Magetan menggelar acara seminar bertajuk Waspada Penyakit Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgGAPA) p Pada Anak di Gedung RSUD Magetan. Kamis (17/11/2022).

Direktur Rumah Sakit dr. dr. Rochmad Santoso menjelaskan, kegiatan itu dilakukan karena kasus gagal ginjal akut telah menyerang ke anak anak.

“Di jawa timur ada 29 Kasus 18 Meninggal di Magetan ada satu dan alhamdulillah tertangani dan sembuh normal ,” kata Rochmad dalam wawancaranya.

Rochmad berharap kepada masyarakat yang saat ini ada yang sakit dengan membeli obat sendiri denvan dosis sendiri sesuai keinginan sendiri.

Seminar yang menghadirkan narasumber dr. Siti Ariffatus Saroh, Sp.A , dr. Rahma Anindita, Sp.A dan Apt. Nuraini, S.Farm. diawali dengan sambutan direktur dr. Rochmad Santoso dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para narasumber di lanjutkan sesi Tanya jawab dengan peserta seminar dan pembagiaan doorprize.

Dengan adanya seminar kali ini diharapkan para orang tua waspada akan gejala yang terjadi pada anak, dan lebih berhati-hati dalam memberikan obat kepada anak.

Melalui kegiatan ini, diharapkan sebagai momentum memberikan pemahaman kepada pemangku kepentingan, agar memiliki kapasitas dalam menangani kasus gagal ginjal akut pada anak.

Selain itu, kata dia, memberikan edukasi kepada masyarakat, supaya waspada dan tidak panik menghadapi kasus gagal ginjal akut pada anak apalagi saat membeli resep obat sendiri.

“Saya meminta kepada masyarakat untuk lebih hati hati lagi supaya obat itu harus sepengetahuan dokter atau tenaga kesehatan,” ujarnya.

Harapan Kegiatan ini juga bertujuan untuk menurunkan angka kematian akibat penyakit Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgGAPA) pada anak.

Fenomena penyakit gagal ginjal akut yang menyerang anak tengah menjadi kekhawatiran baru dikalangan orang tua.

Dengan adanya seminar ini rochmad berharap masyarakat di Magetan tau dan pakem dan lebih hati hati dalam mengkonsumsi obat.

” Jadi di acara kegiatan di Rumah Sakit dengan tema kewaspadaan gagal ginjal akut jangan sampai itu terjadi lagi,” Tutupnya.

Jurnalis : Jalu
Editor : Sof