Janggan Bernostalgia Dengan Kenangan Tempo Doeloe ” Dolanan Anak Tradisional”.

Budaya Pariwisata Pemerintah

Janggan Bernostalgia Dengan Kenangan Tempo Doeloe ” Dolanan Anak Tradisional”.

Megapolitanjatim,Magetan|| Dengan keberadaan era tekhnologi Digitalisasi saat ini jarang sekali di lakukan dan budaya trdisional yang klasik sering di tinggalkan.

Kali ini Pemerintah Desa Janggan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan mengawalii budaya Lokal Tempo doeloe untuk menampilkan eksistensinya guna memicu dengan harapan bisa bernostalgia bersama warga atau masyarakat setempat.

Dengan demikian Pemerintah Janggan menggelar acara festival Janggan Tempoe Doeloe yang bertujuan untuk mengenalkan kepada anak anak agar bisa memaknai tentang Budaya msa lampau.

Hadir Bupati Magetan dr. Drs. H. Suprawoto, SH.,M. S., Sekretaris Daerah (Sekda) Hergunadi, Dan Kepala dinas Pariwisata Joko Trianto juga menghadiri acar festival yang bertempat di Desa janggan tersebut.

“Terima kasih atas undangn yang diberikan, ini merupakan suatu kebanggaan karena bisa mengingatkan memori yang pudar,” Ujar Suprawoto, Sabtu (23/07/22).

Festival Janggan Bernostalgia dengan. kenangan Tempoe doeloe bertempat di Depan Kantor Desa Janggan bertajuk “Dolanan Anak Tradisional” yang menampilkan beberapa kegiatan seperti Keroncong Stanza Melodya,. Pameran Barang Antik, Bazar Makanan Jadoel, Layar tancap, Reog, Pertunjukan Dolanan tradisional dan masih banyak lainny.

” Tari tarian dan Permainan tradisional menjadikan nostalgia bersama, bahkan anak anak jaman sekarang di sini bisa lebih mengenal Permainan permainan jaman dulu,” Kata Suprawoto. Bahkan Suprawoto menyayangkan dengan keberadaan tekhnologi seperti Gadget atau Android lupa akan aktifitasnya.


“Anak anak jaman sekarang sudah sibuk dengan handphonnya seperti game game tanpa melihat efek menggunakn gadget,”Ungkapnya.

Sementar itu Kepala Desa Janggan Haryadi berharap kagiatan Janggan tempoe doeloe bisa masuk Kalender even Kabupaten.

“Saya sebagai Kepala Pemerintahan desa janggan beserta Masyarkat agar masuk dalam momen agenda tahunan atau kalender even tahunan agar bisa lebih mengenal lagi di kalangan anak muda sekarang,” Harapnya.

Bupati Magetan juga berharap agar permainan atau budaya budaya dulu untuk sering di perkenalkan oleh masyarakat.

“Permainan permainan seperti Dakon, Bentuk, Cublak cublak suweng dan sejenisnya mulai punas, Mudah mudahan dengan hadirnya Janggan dengan even ini bisa menumbuhkan calon generasi baru dan selalu terus menjaga budaya tersebut,” Tutupny. (Sof)