Dialog Interaktif Bersama Karang Taruna, Suprawoto “Buat program yang menonjol tidak perlu banyak tapi pasti,”

Budaya Ekonomi Pariwisata Pemerintah Peristiwa

Bupati Magetan Ajak Kerja Keras Dan Karang Taruna Berikan Masukan

Megapolitanjatim,Magetan || Dalam rangka meningkatkan pemberdayaan karang taruna se Kabupaten Magetan Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, S.H.,M.Si Bersama Joko Siswanto,S.H., selaku Ketua Karang taruna Kabupaten Magetan dan Kepala Dinas Sosial Parminto Budi Utomo S.Sos M.AP adakan dialog Interaktive bertempat di pelataran pasar baru magetan.

Acara yang dimulai kurang lebih pukul 20.30 wib dihadiri pula seperti Camat se Kabupaten Magetan , anggota karang taruna serta OPD terkait guna mendengar pemaparan dari Bupati Suprawoto.

“Dengan adanya dialog malam ini saya sebagai ketua karang taruna magetan yang mewakili berharap bisa memberikan program dan kebutuhan bagi karang taruna tiap desa”, ujar Joko, Sabtu (23/07/22).

Joko juga menegaskan untuk kedepan peran pemuda, khususnya di Kabupaten Magetan, bisa ikut serta dalam membangun daerahnya. Selain dari pada itu joko juga mengatakan selama ini peran pemuda sangat di perlukan dan bisa teraplikasikan, baik dalam bentuk sumbangsih pemikiran bahkan hingga pembangunan SDM dan lainnya.

Saat acara Dialog dimulai, Kepala dinas sosial Parminto memberikan suppot dan apresiasi atas terselenggaranya moment tersebut.

” Alhamdulillah malam ini Karang taruna bisa bertemu dengan Pak Bupati untuk bisa memberikan dan meneruskan langkah dan tindak lanjut Kedepan,” Kata Parminto.

Menurut Parminto sesuai Permensos 25 thn 2019 mulai merekrutisasi guna mengembangkan pemberdayaan dengan melakukan pembinaan karang taruna.

“Sebelum Permensos No 5 th 2019 di buat, Karang taruna di Magetan tidak sekuat dan seutuhnya pada tahun ini, apalagi usai pelantikan pada Desember akhir 2021 mulai merekrutisasi anggota karang taruna di beberapa desa,” tandasnya.

Di waktu yang sama Asissten I Bidang Bidang Pemerintahan dan Kesra Fenly Nicholas juga ikut memberikan support dan sempat ikut berdialog bersama bupati mengenai potensi Karang Taruna kedepan.

” Bagaimana caranya karang taruna magetan berperan, Dalam rangka untuk membangun dan mendorong seperti konsep Pemerintah mulai dari Desa, Kecamatan sampai Kabupaten,” Paparnya.

Fenly juga menuturkn secara lembaga tidak masalah dan bagaimana harapan karang taruna untuk kedepan.

“Secara kelembagaan it’s Okey, Sekarang Persoalannya Karang Taruna Mau Ngapain, Kalau Lembaganya Kuat tapi tidak berbuat apa apa sama juga organisasi hanya papan nama saja,” Pungkasnya.

Saat Diskusi berlangsung, Suprawoto sebagai Bupati Magetan menyampaikan ke Ketua Karang taruna untuk membuat program program tiap desa.

“Buat program yang menonjol tidak perlu banyak tapi pasti, Fokus dan menjadi produk yang unggulan,” tuturnya, Suprawoto juga menjelaskan tidak semua bentuk program tidak akan mungkin akan bisa unggul semua .

“Fokus ke satu dua progam dan bisa unggul dari produk yang di hasilkan Bupati pasti akan Support,” imbuhnya.

Selain Dialog, juga menampilkan hasil karya karang taruna tiap desa di 18 Kecamatan yang ditampilkan selama dua hari melalui Bazar.

“Selama 2 hari kita menampilkan hasil Karya temen temen karang taruna melalui UMKM yang diikuti 18 kecamatan,” Jelasnya dan di lokasi pasar baru dibuka sebanyak 18 otlet,” imbuhnya.

Dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Magetan untuk kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini bisa memberi stimulus bagi seluruh organisasi karangtaruna di Magetan minimal besar harapan satu kecamatan ada satu karanh taruna yang aktif menjalankan kegiatan dan ada hasil karya yang dibuat bisa disinergikan dengan dinas terkait untuk keberlangsungan usaha nya sedangkan pihak dari Dinsos berkewajiban membina organisasi karang taruna dan sebagai penghubung kepada stakeholder terkait.

” Kita mencoba dan menunjukkan eksistensinya yang bisa bermanfaat untuk Masyarkat Kabupaten Magetan dan semoga kegiatan pada hari ini sampai besok bisa berjalan Sukses lancar dan aman”, Tutur Parminto

Jurnalis : Andre
Editor : Sof