Hampir Setahun Berjalan, Program 3 in 0ne Berjalan Memuaskan

Budaya Ekonomi Hukum Kesehatan Pemerintah

Belum Satu Tahun Berjalan, Program 3 in 0ne Berjalan Memuaskan

Megapolitanjatim, Magetan|| Terobosan Rumah Sakit Umum Sayidiman Magetan yang dilaksanakan bulan Desember 2021 dan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) akhir tahun 2021 lalu membuahkan hasil yang memuaskan.

Hal ini disampaikan oleh salah Keluarga pasien  Puguh wahyudi asal Desa temboro Rt. 01 Rw. 04 Kecamatan Karas Kabupaten Magetan yang merasa puas atas pelayanan Rumah Sakit Sayidiman Magetan. ” Terima kasih Rumah Sakit Sayidiman Magetan telah melancarkan bentuk surat surat berupa KK, Akte, KIA yang lebih maju dari pada 5 Tahun yang lalu Ujarnya,” pada Jum’at (25/03/22).

Menurutnya, pelayanan saat ini lebih baik dari pada 5 tahun  lalu yang masih belum bisa memberikan secara maksimal.

Kasi Keperawatan RSUD Magetan, Murjono, S.Kep, Ns menuturkan, awal november 2021 membuat inovasi terkait dengan pelayanan yang bekerjasama dengan dispenduk capil untuk pasien di rumah sakit harapannya setelah keluar langsung mendapatkan beberapa sertifikat yang akan di miliki oleh  pasien. ” Jadi ketika pasien yang sudah melahirkan langsung mendapatkan berupa Kartu identitas anak, dan akte kelahiran,” tuturnya.

Tambahnya, untuk Meningkatkan pelayanan khusus ibu dan anak akan terus mengembangkan inovasi inovasi agar pelayanan bisa maksimal. ” Harapan kami mudah mudahan menjadi sebuah inovasi inovas baru dan bisa bermanfaat untuk masyarakat luas.

Selama perjalanan program 3 in 0ne Rumah Sakit Sayidiman Magetan hampir setahun ini sudah mengeluarkan sekitar 300 sertifikat kepada masyarakat, dan Murjonopun mengakui sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Saat dimintai penjelasan oleh awak media selama pandemi covid 19 , Murjono menjelaskan tidak berpengaruh dan Pelayanan masih terus berjalan. “Kita mengoptimalkan IT yang sudah ada dan terus berjalan karena kita selalu bekerjasama dengan dinas Kependudukan besar harapannya ketika pasien keluar dari sini produk berupa sertifikat semua sudah jadi,” Terangnya.

Dengan terobosan 3 in One RSUD Sayidiman Magetan, Kepala ruangan IRNA SRIKANDI RSUD Magetan Rina Hatuti, AMD.Keb juga mengakui bisa optimal dan berjalan dengan lancar, Artinya semua proses sertifikat yang sebelumnya sudah ada bentuk kerjasama dengan Disdukcapil tidak mengalami hambatan. ” Alhamdulillah Selama ini kerjasama dengan Disdukcapil berjalan dengan baik, yang mana warga atau pasien persalin dari Magetan ketika keluar dari rumah sakit Sayidiman langsung mendaftarkan juga mendapatkan KIA, Akte maupun KK,” jelasnya.

Semula terobosan 3 in one memang mengalami sedikit kendala karena program baru dijalankan, ” Dari awal memang ada kendala itupun kita maklumi karena baru dimulai, tetapi ketika sudah jadi satu bersama bu anis bidang pelayanan pelaksanaannya berjalan lancar, hanya kendala awal di KK,” Tutupnya.

Puguh salah satu warga temboro penunggu pasien tidak lain istrinya yang sedang melahirkan di Ruang Irna tersebut berharap Rumah sakit magetan kedepan bisa lebih maju lagi dan bisa mempertahankan serta memberikan pelayanan yang terbaik dan Memuaskan.(sof/dk)