Bukan Waletnya, Tapi Sarangnya yang Terbang ke Jakarta

Budaya Ekonomi Hukum Kesehatan Pariwisata Pemerintah Pendidikan Peristiwa

Bukan Waletnya, Tapi Sarangnya yang Terbang ke Jakarta

MEGAPOLITANJATIM,||Karantina Pertanian Aceh Wilker Bandara Sultan Iskandar Muda, dalam satu hari yang sama melakukan pemeriksaan organoleptik terhadap 13 kilogram sarang burung walet hitam dan 64 kilogram sarang burung walet putih, yang akan dikirim ke Jakarta.

Nilai sarang burung walet hitam berkisar 10 Juta Rupiah per-kilogramnya sedangkan nilai sarang burung walet putih bisa mencapai 30 Juta Rupih.

Apalagi bila sarang burung walet tersebut sudah dibersihkan, serta mempunyai kadar nitrit yang rendah.

Khasiat sarang burung walet diantaranya baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Tak dipungkiri dengan adanya permintaan yang tinggi membuat nilai dari sarang burung walet menjadi cukup mahal.

Dalam rangka memenuhi dan menjaga kualitas terhadap komoditas sarang burung walet ini, Badan Karantina Pertanian melakukan penilaian kelayakan dan evaluasi secara berkala terhadap rumah walet.

Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas produksinya, sehingga rumah walet tersebut dapat diregistrasi dan dipastikan bukan berasal dari alam liar.

Komoditas sarang burung walet setelah diperiksa dan dinyatakan sehat oleh Pejabat Karantina Hewan maka sesuai dengan sertifikasi karantina yang diterbitkan, sarang burung walet tersebut diterbangkan ke Jakarta.(da/sof)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *