Vaksinasi COVID-19 segera dimulai. Guru Besar FK Unpad Prof. Dr. dr Cissy Kartasasmita, Sp. A(K), M,Sc berpesan masyarakat tidak perlu ragu untuk divaksin.

Budaya Ekonomi Hukum Kesehatan Pemerintah Pendidikan Peristiwa

Vaksinasi COVID-19 segera dimulai. Guru Besar FK Unpad Prof. Dr. dr Cissy Kartasasmita, Sp. A(K), M,Sc berpesan agar masyarakat tidak perlu ragu untuk divaksin. Karena vaksin COVID-19 telah melalui serangkaian pengujian ketat di sejumlah negara termasuk Indonesia. Sehingga Aspek khasiat, mutu & keamanan menjadi hal yang utama, selain itu juga aspek kehalalan dari MUI.

Terkait dengan efikasi vaksin, Prof. Cissy merujuk pada rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa vaksin dengan efikasi di atas 50% dapat digunakan oleh masyarakat luas.

Berdasarkan hasil uji klinik, efek samping yang ditimbulkan oleh vaksin COVID-19 sangatlah ringan dan mudah diatasi. Biasanya akan hilang dalam satu atau dua hari pasca vaksinasi. Oleh karenanya masyarakat tidak perlu khawatir bahkan takut terhadap vaksinasi. Dengan vaksinasi kita tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga melindungi keluarga dan sesama.

Namun tetap dengan adanya vaksinasi tak boleh membuat kita abai, tetap disiplin terapkan protokol kesehatan 3M yakni Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan pakai sabun.(da/sof)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *