INTIP RUMAH SEDERHANA KHAS MAJAPAHIT MILIK MARIANTO WARGA PARANG MAGETAN

Budaya Ekonomi Kesehatan Pariwisata Pemerintah Pendidikan Peristiwa Religi Sosial

MEGAPOLITANJATIM, MAGETAN || Setiap Orang pasti berkeinginan Memiliki mimpi untuk membangun rumah sendiri dengan desain yang menarik dan bagus sesuai karakteristik dan arsitektur baraneka ragam yang menjadikan impian semua orang.

Kali ini team dari Megapolitanjatim mendatangi salah satu warga kedapatan informasi sedang mendirikan bangunan yang di design dengan arsitektur seperti rumah kerajaan .

Adalah Marianto, Warga joketro parang kabupaten Magetan tersebut memiliki keunikan tersendiri bahkan mungkin hanya satu satunya warga magetan yang mempunyai ornamen bangunan seperti Kerajaan Majapahit. Marianto berpawakan gondrong saat di temui di rumahnya mengatakan, untuk rencana membangun rumah tersebut sudah sekitar tiga tahun lalu, ” Saya merencanakan membangun rumah sudah 3 tahun yang lalu, Dan alhamdulillah baru sekarang saya bisa mulai mengerjakannya. Ungkap marianto, Selasa (24/11/20).

Marianto juga menjelaskan, molornya waktu karena sedikit demi sedikit uang yang harus ditabungkan selain itu juga mempunyai alasan untuk berkeinginan mendesain rumah yang mempunyai khas Majapahit. ” Saya 3 tahun yang lalu mulai sedikit menabung dan saya cicil untuk beli barang sesuai kemampuan, jelasnya.

Dia juga memberikan alasan tersendiri , terkait bentuk Arsitektur yang bernuansa dan bermodel seperti Majapahit. “Awalnya saya berkeinginan membangun karena ada bisikan, lantas saya komunikasikan dengan beberapa tokoh spiritual, ujarnya. ” Dan alhamdulillah dengan ijin allah dan beberapa tokoh spiritual yang membantu sakhirnya tekad bulat untuk melangkah, imbuhnya.

Dalam bisikan, marianto diharuskan untuk memenuhi beberapa ketentuan, seperti contoh bangunan Pagar rumah setinggi 5 meter, Kayu dengan berbagai ukuran dengan ketinggian juga 5 meter itupun tidak boleh kurang dan lebih, bahkan ukiran kayu pun harus di datangkan dari Jepara , Belum hal hal lain yang harus dilakukan dengan melakukan beberapa ruwatan.

Marianto (Gondrong) yang keseharian berprofesi sebagai pengusaha ayam pedaging di pasar sayur juga memiki hobi sebagai pendaki gunung. Tak sedikit beberapa Gunung dan puncak yang dijelajahinya dan di taklukkan terutama gunung lawu.

Sebagai orang jawa marianto berkeinginan agar masyarakat juga ikut melestarikan budaya, sejarah yang harus dipertahankan dan dikembangkan. Selain itu menjaga dan melestarikan benda-benda pusaka (heritage) yang saat ini dalam kepunahan akibat ketidaktahuan dan ketidakpedulian, pelestarian cagar budaya yang sebenarnyaa juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Kenapa Saya membangun rumah dengan arsitektur bentuk Majapahit ini, karena saya ingin melestarikan Sejarah dan budaya bangsa agar tidak tergerus oleh tekhnologi yang semakin maju saat ini,” tuturnya. Marianto mengajak masyarakat indonesia terutama warga magetan untuk ikut melestarikan budaya dan jangan melupakan sejarah kebudayaan bangsa sebagai wujud bentuk kepedulian budaya kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *