Lima Narsum Adakan Bimsos Dan Kewirausahaan Bagi Eks Penerima Manfaat

Budaya Ekonomi Hukum Kesehatan Pariwisata Pemerintah Pendidikan Peristiwa Politik Religi Sosial

MEGAPOLITANJATIM||Magetan ,Pemerintah melalui Kementerian Sosial mengadakan kegiatan Bimbingan Sosial dan Kewirausahaan bagi eks penerima manfaat dari UPT Sinas Sosial Propinsi dan balai besar rehabilitasi sosial Kementrian Sosial RI bertempat di Gedung serba guna kantor desa Lembeyan wetan pada hari Sabtu ,(07/10/20).

Hadir sebagai Narasumber dalam acara tersebut seperti , Kadinsos Yayuk Sri Rahayu , S.E. ,Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Parminto Budi Utomo, S.Sos, M.A.P ,Dinas Ketenagakerjaan yang di wakilkan, Lalu Satriya Utama, SE. Kasi. Pelatihan dan Produktivitas dan Transmigrasi Magetan, Edi Purnomo ketua HP3KI kab Magetan, dan Drs. Yulinursilaningsih kabid. Pelayanan dan rehabilitasi sosial sebagai Moderator dan pembawa acara.

Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran aktif oleh Dinas dan Instansi agar bisa membuat jaringan kemitraan oleh segenap komponen masyarakat dalam menumbuhkan kemandirian PPKS sehingga bisa menjalin komunikasi dengan baik agar terwujud suatu bentuk kesinergitasan.

Acara yang di hadiri kurang lebih 50 peserta sebagian dari warga dan penyandang difable dan disabilitas terdiri 44 eks dari UPT dan Balai Kur juga ikit serta 6 Pendamping sebagai pembimbing yang akan membantu dalam rangka meraih kemandirian dengn harapan peserta diklat yang usai mengikuti pelatihan utk lebih di tingkatkan kembali. ” Saya berharap pelatihan lebih ditingkatkan kembali,walau dari UPT Provinsi maupun Kemensos hanya dasarnya saja”, terang Kadinsos.

Yayuk juga menambahkan untuk peserta yang akan mengikuti pelatihan lebih lanjut bisa langsung ke BLK (Balai Latihan Kerja). ” Selanjutnya bisa ke BLK yang nantinya akan di fasilitasi oleh Dinas Ketenagakerjaan,’tuturnya.

Ibu Yuli Kasi Rehabilitasi kementrian sosial Magetan mengatakan dalam kurun 5 tahun sekitar 76% atau kurang lebih 233 yang sudah pernah dikirim untuk ikut pelatihan,” insyaallah yang pernh kami kirim untuk ikut pelatihan sudah memulai usaha walau masih tahap Ringan,” Jelasnya.

Yuli juga menuturkan masih ada beberapa pelaku usaha yang masih timbul tenggelam dalam menjalankan usahanya ,” Inilah yang melatar belakangi kami adakan acara ,biar beberapa narasumber yang akan menjelaskan nanti,” pungkasnya.

Kadinkop usaha mikro Parminto Budi Utomo, S.Sos, M.A.P mengapresiasi acara yang telah di laksanakan serta kehadiran peserta yang hadir terutama penerima program dari dinas sosial yang juga menjadi bagian tugas dinkop.

Parminto menjelaskan tentang kunci kesuksesan bagi siapapun yang menjalankan usahanya. “Kalau Keahlian bisa dibeli,tapi Cita cita dan semangat tidak bisa, pungkasnya. Dia menambahkan ada tiga kunci modal menuju kesusksesan “Modal bisa di cari dengan 3M yaitu Mental , Modal dan Management, adalah kunci cita2 dan semngat yg harus dimiliki untuk memulai dan Mengambangkan usahanya.

Di waktu yang sama Ketua HP3KI Kabupaten magetan ,Edi purnomo mengajak siapapun para pelaku usaha eks dari binaan dinsos akan di bantu , “Silahkan bagi peserta yang mau gabung untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk dan akan di bantu di fasilitasi,Ujarnya.

Dinas tenaga kerja dan transmigrasi yang di wakili Kasi Pelatihan dan Produktivitas dan Transmigrasi Lalu Satriya Utama, S.E juga menerangkan,
Perluasan kesempatan kerja di informal peserta yang hadir di ajak bekerja sama untuk selalu menjalin komunikasi dan bersinergitas antar dinas guna membantu para eks yang sudah mengikuti pelatihan.”Silahkan bagi warga yang ingin ikut latihan kita akan memfasilitasi melalui kantor kami,” ujarnya

Dinas tenaga kerja dan transmigrasi juga memberikan kesempatan pelatihan dan info pekerjaan melalui situs di
www.ketenagakerjaan@magetan.co.id

Usai acara perwakilan eks dari beberapa UPT berbagai daerah yang diikut sertakan mengikuti pelatihan seperti

  1. Sulistiana Ramadhani eks UPT PSBR Bojonegoro …Jahit
  2. Novia Asmawati eks UPT PSBR Jombang…Salon
  3. Waryono eks BBRSPDF Surakarta… Olahan pangan
  4. Misnanto eks BBRSPFSN Bandung… Musik
  5. Elis eks UPT PSBN Malang…. Pijat
    6 Agus Widodo eks UPT PSBD Pasuruan… Ternak

menyerahkan secara simbolis hasil karya usaha ke kepala dinas Sosial Ibu Yayuk Sri Rahayu, S.E,

Salah satu peserta Novi Asmawati peserta eks UPT PSBR di Jombang yang mengatakan merasa puas dan terbantu,” Alhamdulillah kami merasa terbantu banget dapat pelatihan pelatihan dari Ahlinya sehingga kita bisa mengembangkan usaha kita dan narasumber yang telah memberikan bimbingan , arahan dan binaan.(Sof)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *