F-16A/B TNI AU Segar dan Berotot Kembali Setelah Jalani Upgrade Falcon Star eMLU

Ekonomi Hukum Pemerintah

F-16A/B TNI AU Segar dan Berotot Kembali Setelah Jalani Upgrade Falcon Star eMLU

MEGAPOLITANJATIM,Falcon STAR (structural augmentation roadmap) dan eMLU (enhanced mid-life upgrade) adalah program modifikasi untuk meningkatkan kemampuan avionik dan persenjataan pesawat serta merupakan program modifikasi structure pesawat untuk memaksimalkan usia pesawat sampai 8000 jam terbang.

Program yang merupakan hasil karya anak bangsa yang berkolaborasi dengan Lockheed Martin ini telah berhasil mengupgrade TS-1610 (F-16 AM) sebagai pesawat pertama dan TS-1601 (F-16 BM) sebagai pesawat yang kedua.

Melalui program ini, peningkatan kemampuan Beyond Visual Range dan Within Visual Range dengan advanced weapon juga telah menjadikan combat effectiveness pesawat ini meningkat signifikan sehingga membuat pesawat ini semakin dapat diandalkan sebagai ujung tombak pertahanan udara Indonesia dan menambah efek deterensi dari kekuatan udara Indonesia.

Hadirnya pesawat kedua TS-1601 BM yang telah melaksanakan roll out pada tanggal 28 Agustus 2020 ini tidak hanya memberikan kebanggaan untuk TNI AU sebagai operator dari pesawat yang multitalent ini, namun juga diharapkan dapat memberikan kebanggaan untuk rakyat Indonesia.

Diharapkan program ini dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat meningkatkan kemampuan TNI AU kedepannya.(RED/DA/SOF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *