Ungkapan Presiden Joko Widodo Bandara Internasional Yogyakarta

Budaya Ekonomi Hukum Pariwisata Pemerintah Pendidikan Peristiwa Politik

Ungkapan Presiden Joko Widodo Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo telah selesai dengan sejumlah catatan yang mengagumkan.

MEGAPOLITANJATIM,Pembangunannya terbilang cepat, 20 bulan, dengan biaya Rp11,3 triliun untuk pembebasan lahan dan konstruksi terminal sampai landas pacu. Pembangunan bandara ini juga disertai dengan pengoperasian AirNav dan sistem peringatan dini tsunami, serta memiliki daya tahan terhadap bencana gempa bumi hingga 8,8 magnitudo.

Bandara dengan terminal seluas 219 ribu meter persegi ini memiliki landas pacu 3.250 meter. Karena itu, pesawat berbadan lebar seperti Airbus A380 dan Boeing 777 bisa mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta ini.

Kapasitas bandara kini 20 juta penumpang per tahun, jauh lebih banyak dibandingkan dengan Bandara Adisucipto yang hanya bisa menampung 1,6 juta penumpang per tahun.

Kalau saat ini Bandara Internasional Yogyakarta belum langsung ramai penumpang, tentu kita maklum. Kita masih dalam suasana pandemi. Nanti, begitu vaksinasi Covid-19 mulai dilaksanakan, saya yakin bandara ini menjadi bandara yang ramai.(RED/DA/SOF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *