Pasokan Buah dan Sayur dari Surabaya Diperiksa Karantina Pertanian Merauke

Ekonomi Pariwisata Peristiwa

Pasokan Buah dan Sayur dari Surabaya Diperiksa Karantina Pertanian Merauke

MEGAPOLITANJATIM ,Merauke – Mengawali pagi yang cerah, aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Merauke sudah menggeliat. Truk-truk menunggu di depan kontainer sembari tenaga kerja bongkar muat (TKBM) memindahkan barang.

Seorang pengguna jasa mendatangi Kantor Pelayanan Karantina Pertanian Merauke Wilker Pelabuhan guna melaporkan media pembawa tumbuhan untuk diperiksa petugas Karantina. “Selamat pagi! saya mau lapor karantina, ada buah dan sayuran segar yang baru tiba dari Surabaya. Silahkan diperiksa,” ujar pengguna jasa.

Selanjutnya petugas karantina yang bertugas melakukan pemeriksaan media pembawa tersebut dengan penuh semangat. “Kita periksa dokumen dari daerah asal serta kebenaran jenis dan jumlah media pembawa,” terang Harry Soloman, Pejabat Karantina Tumbuhan.

Setelah diperiksa, sebanyak 12 ton buah dan sayuran segar diantaranya apel, pir, anggur, kelengkeng, jeruk, dan wortel dinyatakan layak dan aman untuk dikonsumsi. Selanjutnya diterbitkan sertifikat pelepasan karantina tumbuhan antar area (KT-9) dan siap untuk dipasarakan.

Buah dan sayur sangat penting untuk dikonsumsi. Selain sebagai sumber vitamin, dapat juga meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga menghindarkan tubuh kita dari berbagai penyakit. (DA/SoF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *