KRI Teluk Lampung 540 Geser Satgas Pamtas ke Perbatasan NTT

Budaya Ekonomi Kesehatan Pemerintah Peristiwa

KRI Teluk Lampung 540 Geser Satgas Pamtas ke Perbatasan NTT

MEGAPOLITANJATIM.COM ,Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Lampung 540 kembali melaksanakan operasi angkutan laut militer mendukung Satgas Pengamanan Perbatasan di perbatasan Nusa Tenggara Timur.

Setelah selesai embarkasi personel Satgas yang merupakan gabungan prajurit Kodam IX Udayana ini, Satgas Pamtas dilepas oleh Asisten Operasi Kodam IX Udayana Kolonel Inf Rachmad Zulkarnaen dalam upacara, di Dermaga Pelabuhan Benoa, Denpasar, Selasa (4/8).

Kapal perang jenis berjenis Frosch-I/Type 108 mengangkut Satgas gabungan yang bertugas mengamankan Perbatasan (Pamtas) antara Indonesia dengan Timor Leste selama kurang lebih 10 Bulan.

Dalam embarkasi tersebut, KRI Teluk Lampung 540 mengangkut personel dan material satgas lainnya.

Panglima Kolinlamil Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr Han menyatakan pergeseran personel dan material yang dilaksanakan kapal-kapal perang Kolinlamil adalah dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Yang terus berlangsung mendukung pergeseran personel dan material pasukan TNI AD ke perbatasan-perbatasan diwilayah NKRI adalah dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Itulah salah satu tugas pokok Kolinlamil” jelas Panglima Kolinlamil

Selanjutnya Pangkolinlamil melalui perintah berlayar, menginstrusikan kepada Komandan KRI agar selalu memperhatikan keamanan personel dan material, mewaspadai cuaca buruk dan menjaga moril prajurit selama pelayaran.

“Saat lintas laut, agar Prajurit KRI meningkatkan kemampuan serta keterampilan melalui latihan peran-peran.

Tingkatkankan kewaspadaan Saat melaksanakan jaga laut terhadap bahaya tabrakan dengan kapal lain, selain itu tetap melaksanakan disiplin penuh protokol kesehatan covid-19 selama operasi” tegas Panglima Kolinlamil.

Sementara itu Komandan KRI Teluk Lampung 540 Letkol Laut (P) Edi Herdiana mengatakan kapalnya berlayar dengan kondisi kapal yang siap baik secara teknis maupun Sewaco dan cuaca pun mendukung.

Dan sesuai dengan instruksi Panglima Kolinlamil, saat melaksanakan operasi KRI-KRI Kolinlamil menetapkan prosedur pencegahan covid 19 dan disiplin yang tinggi dalam pelaksanaan dukungan angkutan laut pasukan di perbatasan.

Saat ini KRI Teluk Lampung 540 sedang lintas laut menuju Kupang untuk menurunkan Satgas Pamtas.(DA/Sof)

🇮🇩🇮🇩🇮🇩🙏🏻🤝🙏🏻🇮🇩🇮🇩🇮🇩

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *