Tunjang Produktifitas Pertanian, HIPPA Desa Selorejo Bangun Jaringan Irigasi

Pemerintah Peristiwa

Tunjang Produktifitas Pertanian, HIPPA Desa Selorejo Bangun Jaringan Irigasi

 

Megapolitanjatim,Magetan|| Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Desa Selorejo, Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan melaksanakan pembangunan jaringan irigasi senilai Rp.195 juta Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air lrigasi (P3-TGAI) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan dana APBN.

Kucuran dana APBN tahun 2022 sebesar Rp 195 juta yang dianggarkan untuk Desa Selorejo diperuntukkan pembangunan jaringan irigasi, mengingat kebutuhan dasar dalam rangka peningkatan perekonomian melalui produksi pangan para petani.

Kontruksi jaringan irigasi yang difokuskan di Dukuh Selorejo ini menggunakan pekerjaan pasangan batu kali  dengan menggunakan campuran semen pasir yang dibentuk sesuai dengan gambar pelaksanaan.

“Pekerjaan sudah mendekati finishing, dan  tanggal 20 Juli 2022 sudah dilakukan pemeriksaan awal oleh Dinas terkait. Alhamdulillah semua lancar dan tidak ada catatan.” Ujar Sunyoto, Minggu, (31/07/22).

Sunyoto adalah Ketua HIPPA Desa Selorejo Ketika disinggung adanya dugaan pekerjaan secara asal – asalan, Sumadi selaku sekretaris HIPPA Desa Selorejo menegaskan, untuk menjaga kualitas pekerjaan pihaknya mengerjakan dengan sistem Padat Karya Tunai dengan tenaga kerja warga Desa Selorejo.

“Setiap hari rata – rata 15 orang yang bekerja, semua warga Desa Selorejo dan mereka dibayar harian. Kalau dipikir secara nalar, pekerja warga Selorejo mengerjakan proyek di Desa Selorejo, otomatis mereka tidak akan mengerjakan secara asal – asalan.” Tegas Sumadi.

Di tempat erpisah, Senen warga RT 14, Dukuh Ponggok, Desa Selorejo sekaligus pemilik lahan pertanian yang dilalui proyek P3TGAI merasa terbantu dengan program tersebut.

“Alhamdulillah, kami sangat terbantu. Pengairan sawah semakin lancar.” Tuturnya.

Senen berharap untuk sawah di sisi selatan sungai juga mendapat program yang sama.

“Nawi saget, sabin kidul lepen njeh dibangun kados mekaten. (Kalau bisa, sawah sebelah selatan sungai juga dibangun seperti ini).” Harapnya.

Hal senada Senada di sampaikan oleh Poniran salah satu pemilik sawah, warga RT 09, Dusun Selorejo, Desa Selorejo berterima kasih kepada pemerintah atas program tersebut

“Program HIPPA Desa Selorejo sebagai upaya kelancaran pengairan irigasi untuk pertanian lahan persawahan sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian air tidak menyebar kemana – mana, terimakasih kepada pemerintah yang sudah memberikan program ini.” Kata Poniran.

Pria yang juga berprofesi sebagai guru di salah satu SDN di Magetan tersebut berharap, agar program ini berkelanjutan sehingga semua saluran irigasi di areal persawahan berjalan lancar dan bisa meningkatkan hasil panen petani.

(Tim).