Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Desa Milangasri Gelar Lomba Kicau Burung

Budaya Ekonomi Hukum Kesehatan Pariwisata Pemerintah Peristiwa

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Desa Milangasri Gelar Lomba Kicau Burung

Megapolitanjatim,Magetan|| Untuk meningkatkan pertumbuhan dan mendorong ekonomi masyarakat, desa Milangasri menggelar Lomba kicau burung tingkat Nasional.

Acara yang digelar di Lapangan Milangasri Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan diikuti sekitar 200 lebih dari berbagai kota dan propinsi.

Acara yang bertemakan Gelantangan kota asri di dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Magetan Sujatno, S.E., M.M , Joko Trihono, S.Sos, M.Si selaku sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan dan Camat Panekan Dicong Maleleh, S.STP, M.Si. Kepala desa Milangasri Anggit Ardiyanto, Ketua BUMDES Karno, S.Sos., M.M, Ketua BPD Parlan.

 

“Dengan adanya Kegiatan seperti ini harus kita dukung, apalagi situasi pandemi saat ini, berharap bisa membangkitkan perekonomian masyarakat, tidak hanya dalam sektor umkm bahkan bisa membangkitkan didalam pariwisata,” Ujar Ketua Dewan Sujatno. Minggu (20/02/2022)

Kepala Dinas Pariwisata Joko saat dimintai pendapat mengatakan Bumdes maju asri, Desa Milangasri panekan sebagai penyelenggara lomba burung berkicau tersebut merupakan bentuk sinergitas yang bagus dalam upaya pengembangan usaha dari bumdes dan pelestarian burung yang bisa ditangkarkan.

“Dengan adanya event ini semoga mampu menggerakkan perekonomian masyarakat serta mendorong para penangkar burung untuk selalu produktif, krn burung berkicau ini cukup memiliki nilai ekonomis yg tinggi,” kata Joko. Tambahnya meskipun dalam masa pandemi kegiatan ini bisa dilakukan dengan tertib tetap menjaga protokol kesehatan,karena desain tempat lomba ini sudah ditata sedemikian rupa,, antara pintu masuk dan keluar dipisahkan, kemudian dipagar dengan bagus sehingga pengnjung dan pemilik burung bisa mengikuti lomba ini secara tertib,”imbuhnya.

Hal senada di sampaikan oleh Camat Panekan Dicong Maleleh, S.STP, M.Si, dengan Event kicau mania d Desa Milangasri Panekan Magetan di situasi kondisi pandemi setidaknya bisa mengungkit perekonomian masyarakat dgn UMKM, meningkatkan PAD, mengenalkan pariwisata, mengenalkan potensi desa d wilayah kec. Panekan, melestarikan ternak burung kicau.
“Harapan untuk kedepan kegiatan kicau mania bisa berkelanjutan dan bisa menjadikan sbg even kalender tahunan dan giat ini bisa berskala nasional,” Ungkapnya.

Ketua Panitia Gunawan Sulistiyon SE saat ditemui mengungkapkan acara yang di gelar bermaksud untuk menunjang serta mendorong perekonomian warga milangasri. “Ajang berkelas nasional yang diikuti sekitar 200 lebih dari berbagai kota antar propinsi memperebutkan piala, uang pembinaan dan Door prize sebuah Motor,” tuturnya. Gunawan mengajak sejumlah pelaku UMKM sebagai wujud kesatuan pemulihan ekonomi ditengah pandemi.

Di tempat yang sama Kepala desa Milangasri melalui Ketua BUMDES Karno, S.sos., M.M mengatakan untuk Lapangan milangasri rencana 2022 bulan maret akan di bangun pertokoan sejumlah 22 unit. ” Kami rencananya akan membangun pertokoan untuk warga dan melibatkan investor atau pihak ketiga warga milangasri sendiri yang bertujuan untuk membuka lapangan pekerjaan,” tuturnya. Dan apabila ada sisa warga dari luar desa bisa mengambilnya, tapi diprioritaskan bagi warga yang bekerja sebagai karyawan di luar untuk membuka usaha sendiri,” Pungkasnya.

Kadisparbud Joko Trihono berharap event seperti ini bisa terus dilaksanakan. “Karena ini sebuah hobi kami juga berharap banyak orang yg datang ke magetan,sehingga pergerakan ekonomi bisa berjalan”.(Sof)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *