“DIRPOLAIR KORPOLAIRUD BAHARKAM POLRI PIMPIN SERTIJAB 15 KOMANDAN KAPAL POLISI DI GEDUNG WIDODO BUDIDARMO”.

Hukum Kesehatan Kriminal Pemerintah Pendidikan Peristiwa

“DIRPOLAIR KORPOLAIRUD BAHARKAM POLRI PIMPIN SERTIJAB 15 KOMANDAN KAPAL POLISI DI GEDUNG WIDODO BUDIDARMO”.

MEGAPOLITANJATIM.COM ,Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., kembali merotasi beberapa Perwira pejabat Komandan Kapal patrolinya, mutasi itu tertuang dalam surat perintah Kepala Korpolairud Nomor Sprint/1442/VII/KEP./2020 tentang mutasi personel di lingkungan Korpolairud Baharkam Polri, serah terima jabatan tersebut berlangsung khidmat dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang dipimpin oleh Direktur Polair Korpolairud Brigjen Pol M. Yassin Kosasih, S.IK., M.Si., dan dilaksanakan di ruang serbaguna lantai 3 Gedung Widodo Budidarmo Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Selasa 28/07/2020.

Berdasarkan sprint mutasi tersebut pejabat Komandan Kapal yang melakukan serah terima Jabatan yaitu:

  1. KOMPOL Suwandi S.ST., MM., sebagai DAN KP. Enggano – 5015 menggantikan AKP Capt. Andi Kusuma Jaya, S.ST., S.H., M.Mar.
  2. AKP Arya Fitri Kurniawan, S.IK., sebagai DAN KP. Belibis – 5007 menggantikan AKP Samsudin, S.H., MM.
  3. AKP Andrianto Eko Wibowo, S.Pd., S.IK., sebagai DAN KP. Punai – 5009 menggantikan Kompol Budi Hesti Panuntun, S.H., MM.
  4. AKP Rudi Sanjaya, S.H., S.IK., sebagai DAN KP. Kolibri – 4015 menggantikan AKP Andrianto Eko Wibowo, S.Pd., S.IK.
  5. AKP Sasi Kirana .S.H., S.IK sebagai DAN KP. Pinguin – 5011 menggantikan AKP Hodge Daniel. A S.ST.
  6. AKP Selly Hermanto, S.ST sebagai DAN KP. Beo – 5013 menggantikan AKP Sasi Kirana .S.H., S.IK.
  7. AKP Mustofa sebagai DAN KP. Aniskembang – 4001 menggantikan AKP Rudi Sanjaya, S.H., S.IK.
  8. AKP Suryo Pandowo, S.ST Pel sebagai DAN KP. Anismacan – 4002.
  9. AKP Caturexy Aswin N sebagai DAN KP. Arjuna – 7001.
  10. AKP Kuwat, S.ST., sebagai DAN KP. Cendrawasih – 4011.
  11. IPTU Sapmauli sebagai DAN KP. Walet – 4003 menggantikan AKP Mustofa.
  12. IPTU Erwin Saputra, S.ST., sebagai DAN KP. Perkakak – 3017 menggantikan AKP Trisna Mulyana S.T., S.IK.
  13. IPDA Andi Yasser A.S, S.Tr.K sebagai DAN KP. Pelatuk – 3013 menggantikan Iptu Erwin Saputra, S.ST
  14. IPDA Bonifasius Lagowan, S.Tr.K Sebagai DAN KP. Parkit – 3004
  15. IPDA M. Candra ,S.Tr.K Sebagai DAN KP. Sikatan – 3012.

Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol M. Yassin Kosasih, S.IK., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa serah terima jabatan Komandan Kapal Polisi merupakan hal yang wajar di lingkungan Korpolairud karena merupakan sarana terselenggaranya dinamika manajerial serta memberikan kesempatan seluas luasnya bagi para perwira untuk mengembangkan karier melalui jenjang penugasan yang beragam.

Lebih lanjut, Dirpolair berharap melalui mekanisme sumberdaya manusia yang tepat akan tersedianya kader Komandan Kapal yang cakap dan profesional dengan wawasan, pengetahuan dan integritas yang memadai dalam rangka menghadapi dinamika tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks, sehingga kehadiran Komandan Kapal harus diterjemahkan sebagai bagian integral berjalannya sistem dan mekanisme regenerasi serta proses kesinambungan organisasi yang sehat yang menjadi indikator adanya kesiapan Polri untuk terus meningkatkan momentum profesionalisme organisasi menuju tatanan manajemen yang lebih baik.

“Tugas Korpolairud dimasa mendatang penuh dengan tantangan yang semakin kompeks, di bidang operasional masih terdapat indikasi adanya ancaman dan potensi gangguan kamtibmas menonjol yang menjadi perhatian publik seperti kasus pembajakan dan perampokan dilaut, imigran gelap dan penyelundupan manusia, penangkapan ikan secara ilegal, penyelundupan, peredaran obat terlarang serta berbagai pelanggaran hukum dilaut yang semua persoalan tersebut harus dikelola melalui mekanisme dan cara cara yang tepat. Oleh karena itu Komandan Kapal Polisi yang baru untuk segera menyesuaikan diri, menyusun rencana tindakan yang tepat, segera mapping terhadap semua potensi gangguan sesuai karakter kerawanan daerah tugasnya dengan memahami aspek budaya dan kearifan lokal melalui komunikasi yang intens dengan para tokoh masyarakat, tokoh adat serta unsur TNI maupun stakeholder lainnya.” ujar Brigjen Pol M. Yassin Kosasih.

Dirpolair juga berpesan agar Komandan Kapal mampu menyatu dengan anggota, jadilah pemimpin yang kreatif, mumpuni dan memiliki keistimewaan yaitu pemimpin yang tidak hanya mempunyai kompetensi intelektual namun juga integritas moral yang baik sehingga bisa menjadi panutan dalam membangun karakter dan optimisme organisasi.

“Saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada Komandan kapal atas dedikasi, loyalitas, pengorbanan dan pengabdian saat melaksanakan tugas” tutup Dirpolair Brigjen Pol M. Yassin Kosasih, S.IK., M.Si.

(DA/SOF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *